Kalikudi – Pelepasan siswa siswi kelas 6 SDN Kalikudi 01 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Sabtu (15/6/2819) berjalan dengan meriah. Acara yang dihadiri oleh wali murid kelas 6, siswa siswi kelas 1 – 6, dewan guru, komite sekolah, pengawas sekolah dan Kepala Desa Kalikudi.

Nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya juga dinyanyikan bersama saat acara pelepasan siswa siswi kelas 6 SDN Kalikudi 01.

Panitia penyelenggara yang diwakilkan oleh Bapak Warsito menyampaikan terima kasih kepada guru SDN Kalikudi 01 dan jajarannya atas segala waktunya dan tenaganya karena putra putri kami telah dapat belajar dengan baik dan mendapat nilai yang memuaskan.

Kami juga memohon maaf atas segala kelakukan anak-anak kami, imbuhnya.

Dra. Sri Sugiyanti selaku Kepala SDN Kalikudi 01 dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepasa seluruh panitia yang telah menyiapkan segala macamnya dalam acara pelepasan siswa siswi kelas 6 ini. Terima kasih juga kepada tamu undangan, wali murid yang sudah menghadiri acara ini.

Kemarin waktu pengumuman, bapak ibu wali murid kelas 6 sudah tahu hasil nilai ujian putra putrinya. Karena itu, sudah bisa mengukur dan merencakan tujuan mau mendaftar ke SMP mana, sambungnya.

Tinggi rendahnya nilai ujian putra putri bapak ibu merupakan hasil prestasi mereka. Tidak perlu khawatir dengan nilai tersebut, karena dalam mendaftar ke SMP saat ini menggunakan sistem zonasi.

Beliau juga memohon maaf kepada panitia, wali murid apa bila guru-guru kami di SDN Kalikudi 01 dalam mengajar kurang memuaskan.

Pengawas sekolah daerah binaan 1 Kecamatan Adipala, Bapak Wardoyo, S.Pd menambahkan dalam sambutannya, proses pendafataran ke SMP menggunakan sistem zonasi. Desa Kalikudi kebetulan pada zona yang aman, posisinya ada di tengah-tengah. Dari Maos dan Adipala. Putra putri bapak ibu bisa memilih mau mendaftar ke mana, ke SMP di Maos, atau ke SMP di Adipala.

Komite sekolah yang diwakili oleh Ketua Komite, Bapak Salim Haryono juga mengucapkan terima kasih kepada guru SDN Kalikudi 01 dan jajarannya. Saya sangat bangga, prestasi tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Beliau juga memohon maaf mewakili wali murid bila ada anak-anak kami yang dalam kesehariannya di sekolah tidak menurut dalam belajar, kelakukan atau sikap yang kurang baik.

Bapak Warsito dalam sambutannya mewakili wali murid kelas 6 juga berterima kasih kepada guru SDN Kalikudi 01 yang sudah mengajar dan memberikan ilmunya kepada anak-anak kami.

Saya pribadi dan wali murid kelas 6 memohon maaf kepada guru SDN Kalikudi 01 dan jajarannya apabila anak-anak kami bersikap tidak sopan di lingkungan sekolah.

Kepala Desa Kalikudi yang hadir pada acara pelepasan siswa siswi kelas 6 SDN Kalikudi 01 juga memberikan selamat kepada siswa siswi kelas 6. Selamat atas kelulusannya, dan selamat memperoleh nilai yang baik dan memuaskan.

Beliau berpesan, kepada orangtua murid agar anak-anaknya lanjut dalam bersekolah. Jangan sampai tidak lanjut.

Penyematan tanda pelepasan diserahkan kepada siswa siswi kelas 6 satu persatu dan dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu-lagu yang menyentuh hati. Sehingga beberapa siswa yang menyanyi menangis saat menyanyi.

Setalah kelas 6 bernyanyi, Bapak Arsiman, S.Pd.SD selaku wali kelas 6 menyampaikan permohonan maaf apabila saat saya mengajar kadang berkata kurang mengenakan. Itu semata-mata hanya untuk kamu, agar punya prestasi yang baik.

Beliau juga memohon maaf kepada orangtua murid, manakala putra-putrinya sering pulang sore saat bersekolah. Kami juga merasakan proses perjuangan bersama-sama. Apalagi saat musim hujan ada petir menggelagar, itu kadang-kadang kami miris dan kasihan kepada siswa kelas 6. Begitu berat perjuangan mereka.

Tapi inilah hasilnya, kamu sudah lulus dan punya nilai yang bagus-bagus. Dan saya berpesan, jangan lupakan kami guru SDN Kalikudi 01 dan juga menjaga nama baik sekolah di manapun kamu berada.

Pelepasan atribut sekolah dasar seperti topi dan dasi secara simbolis oleh kepala sekolah dan diserahkan kepada komite sekolah mewakili wali murid. Pelepasan atribut ini bertanda bahwa siswa siswi kelas 6 sudah benar-benar diserahkan kepada wali murid kembali yang tadinya dititipkan selama 6 tahun dari kelas 1 hingga kelas 6.

Beberapa acara demi acara dan tarian disuguhkan untuk menghibur dalam acara pelepasan tersebut. Seperti tari kupu-kupu manis, tari kuda-kuda, menyanyi, tari beksan parisuko, dan masih banyak lagi.

Pemberian hadiah oleh sekolah, komite sekolah, dan Kepala Desa Kalikudi berupa uang pendidikan diberikan kepada siswa siswi berprestasi.

Acara ditutup dengan tari beksan parisuko yang ditampilkan oleh seluruh siswi kelas 6 SDN Kalikudi 01 dan doa bersama dipimpin oleh guru Pendidikan Agama Islam, Bapak Ahmad Mufarid, S.Pd.