Misalkan ada data sebuah siswa atau orang dengan kolom tempat dan tanggal lahir berbeda. Tetapi, kita menginginkan dengan satu kolom yang akan digunakan sebagai kartu identitas atau yang lainnya.

Dalam kasus ini penulis akan menggunakan untuk keperluan kartu tes. Data tersebut merupakan data terpisah antara tempat lahir dan tanggal lahir. Dari pada mengedit secara manual setiap cell, kan pegel. Apalagi datanya yang banyak, uh.. 😛

Nah, untuk solusi tersebut kita bisa gunakan fungsi Text. Tetapi kenapa judulnya ada fungsi Proper? Fungsi proper ini digunakan untuk mengedit kata agar huruf besar di awal kata. Contoh: misalkan pada kolom tempat lahir itu nama kota lahirnya ada yang kapital, ada juga yang kecil semua ada juga yang besar diawal kata saja. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengatur secara otomatis pada aplikasi excel. Heehe.

Untuk pertama kita coba lihat gambarn data sebagai berikut:

Dari data di atas, tempat lahirnya adalah dengan huruf kapita semua. Nah penulis sendiri memerlukan penulisan seperti ini.

Cilacap, 29 November 2006

Lalu bagaimana cara pengerjaannya, bisa gunakan rumus text (mohon maaf, rumus text ini untuk membuat format tanggalnya seperti apa) dengan synataks = text(value;format_text)

Sementara untuk contoh penggabungan tempat dan tanggal lahir kita bisa gunakan rumus:

=cell_tempat&””&cell_tgl

keterangan:

cell_tempat : diisi dengan cell tempat lahir

&” “& : merupakan pemisah antaral cel yang satu dengan yang lain agar tergabung. Untuk memisahkannya antar kata bisa gunakan sepasi

cell_tgl: merupakan cell tanggal lahir

sebagai contoh lihat rumus berikut:

=J15&", "&K15

hasilnya adalah CILACAP, 29 November 2006

Nah, bila kata CILACAP dengan huruf kapital sepintas tidak enak dipandang. Oleh karena itu, kita kombinasikan dengan rumus proper. Lihat rumusnya seperti ini bila dikombinasikan antara proper dan selanjutnya dengan text.

=PROPER(J6&", "&TEXT(K6;"dd mmmm yyyy"))

hasilnya: Cilacap, 29 November 2006

Lihat hasil lainnya:

Nah, semoga bermanfaat. 😀

Iklan