Setelah 1 x 24 jam lebih alhamdulillah blog saya yang ada di wordpress ini kembali hidup akibat disuspen. Saya sangat bersyukur blog ini dapat kembali online. Sehingga saya masih diberi kesempatan untuk kembali menulis pada blog ini dengan sesuai ketentuan WordPress. Walaupun alamat blog ini masih dalam propagansi, namun saya berterima kasih banget bisa masuk pada dashboard wordpress blog ini.

Sebab Suspend

Saya curiga ada konten yang saya buat/komentar pembaca yang mungkin dideteksi wordpress melanggar TOS yang mereka buat.

Setelah menikmati kepanikan sesaat, dan akal sehat mulai bekerja lagi, mulai searching lah diriku tentang suspend yang dilakukan wordpress ini. Dari forum wordpress Indonesia, berikut penjelasan yang saya kutip:

Blog disuspend biasanya karena:

  1. Ada link affiliate semacam uangpanas.com, formulabisnis.com, dsb. Link-link seperti itu dipindai secara otomatis oleh WordPress.com. Dan yang dipindai bukan cuma postingan dan banner-banner, melainkan seluruh bagian blog Anda termasuk blogroll dan komentar.
  2. Blog ikutan kontes-kontes SEO. Ini juga dideteksi secara otomatis. Catat: Kontes SEO macam apapun tidak diperkenankan di WordPress.com.
  3. Ada link file berhak-cipta yang mana pemegang hak ciptanya bukan Anda.
  4. Blog Anda pasangi iklan.
  5. Ada postingan copy-paste.
  6. Blog nampak sebagai pemancing traffic untuk situs lain.
  7. Blog dijadikan lapak jualan.

Tingkatan Suspend

Berikut merupakan tingkatan suspend yang diberikan oleh wordpress sebagai teguran dari pelanggaran TOS (Term Of Service / Ketentuan Layanan) yang mereka deteksi:

  1. Pertama, blog hanya dibekukan sementara. Pada kondisi ini dashboard blog yang ‘dibekukan’ masih bisa kita akses.
  2. Kedua, blog dibekukan permanen. Dalam hal ini dashboard blog kita sudah tidak dapat diakses lagi.
  3. Ketiga, blog kita dibekukan permanen dan username (akun) kita dinonaktifkan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan

Jika masih ada di tahapan pertama seperti diriku, sesuai saran dari forum wordpress Indonesia, saya segera menghubungi wordpress untuk meminta peninjauan. Berikut merupakan terjemahan dari pesan eror yang saya dapatkan di dashboard.

Situs Anda telah ditangguhkan dari WordPress.com karena melanggar Ketentuan Layanan. Jika Anda yakin peringatan ini terjadi karena kesalahan, harap hubungi kami sesegera mungkin agar mendapatkan peninjauan (Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang boleh dan tidak diperbolehkan, silakan lihat halaman Panduan Pengguna kami.)
Untuk waktu yang terbatas, Anda masih dapat masuk ke Dasbor ini dan mengekspor konten Anda di bawah Alat → Ekspor. Anda dapat menghosting sendiri situs Anda menggunakan perangkat lunak WordPress.org, meskipun layanan hosting lain mungkin memiliki pembatasan yang serupa. Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan lihat panduan kami.

Dalam menghubungi admin wordpress berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Tenangkan diri, dan sadari bahwa dalam hidup terkadang bisa saja terjadi hal-hal diluar kendali kita. Tetap bersabar sambil memohon ampun kepada Allah yang Maha Esa. 
  2. Gunakan bahasa Inggris/bahasa Indonesia yang baik dan benar saat menghubungi admin wordpress. Jangan gunakan bahasa lain karena ketidaksamaan cara berkomunikasi bisa memicu konflik yang lebih besar lagi, sadarilah bahwa komunikasi merupakan faktor penentu dalam sebuah hubungan (ini ngomongin apa, nyambung ke mana).
  3. Kendalikan emosi Anda, semua masalah pasti ada jalan keluar dan pasti bisa dibicarakan baik-baik.
  4. Ucapkan permohonan maaf (meski Anda merasa tidak bersalah), karena sadarilah sepenuh hati bahwa saat ini ada tidak memiliki bargaining position (alias posisi tawar – kalau bahasa temen saya). Anda adalah penikmat layanan gratis, dan wordpress pun punya kuasa penuh untuk menghapus blog kita secara permanen.
  5. Segera tindak lanjuti dengan meminta peninjauan, jangan diabaikan karena jika Anda mengabaikan pesan suspend tersebut, selama itulah blog dan postingan Anda tidak bisa di-apa-apakan. Hanya fitur export saja yang berfungsi selama masa suspend.

Berikut merupakan pesan yang saya kirimkan ke wordpress untuk meminta peninjauan:

I’m sorry, my blog has been suspended because I import posts form my other blog in blogspot.com. Can you give me a chance to repair this? I’ll fix it very soon.

Tunggu balasan dari wordpress selama 1 x 24 jam.

Penyebabnya kurang pasti yang telah saya alami. Namun setelah menghubungi admin wordpress, alhamdulillah bisa kembali lagi. Terima kasih.