Apa itu SAP? Sebenarnya saya sendiri juga bingung sendiri apa itu SAP. Entah aplikasi seperti apa, gunanya untuk apa, tampilannya pun saya tidak tahu. Saya baru mengetahui SAP itu baru-baru ini saja. Karena saya pindah pekerjaan ke bidang administrasi maka saya juga bergelut pada aplikasi SAP ini. Tentunya saya sendiri bingung, bagaimana cara menggunakannya? Walaupun sudah ada pembelajaran sebelum menggunakannya, tetepai tetap saja saya masih bingung. Lah, wong baru kali ini saya kenal SAP, ya begitulah situasinya.

Saya pun mencari referensi di internet. Memang googling cara ampuh yang saat ini saya gunakan. Menurut wiki jika kalian mencari di google maka akan ditemukan sebuah perusahaan database server yang menyediakan layanan dokumen penyimpanan sebuah perusahaan. Eits, bukan berarti dokumen penting sebuah perusahaan akan dapat dengan mudah di lihat oleh pembuat aplikasi SAP ini. Namun tentunya akan di simpan pada server perusahaan itu sendiri bukan dari si pembuat SAP.

Karena di kantor saya menggunakan windows, maka tampilan screenshotnya pun menggunakan windows juga. Tapi jangan khawatir, windowsnya Legal kok. Masa sih sebuah perusahaan besar menggunakan aplikasi atau sistem operasi ilegal (bajakan). Apa kata orang-orang, ya tentunya akan memberikan sanksi yang sangat besar kepada perusahaan yang menggunakan aplikasi ilegal. Sekedar informasi ya teman-teman, walaupun menggunakan windows, tetapi program perkantorannya menggunakan aplikasi open source seperti open office dan libreoffice. Karena perusahaan sudah tahu sebuah aplikasi membutuhkan uang yang cukup besar untuk satu lisensinya saja. Sedangkan banyak sekali komputer-komputer yang digunakan oleh pekerja perusahaan itu.

Program aplikasi SAP ini digunakan untuk menginput, mengolah, meng-audit data yang masuk di perusahaan. Dari data akunting, pemasaran, gudang, bahan baku, keuangan, pengeluaran barang, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini. Sementara itu, kita akan melihat tampilan menu log in pada aplikasi SAP seperti di bawah ini.

sap-logon

Setelah itu kalian akan diminta mengisi username dan juga memasukan pasword. Username ini tidak sembarangan menggunakan username-nya. Ada ketentuan dan bagian-bagian tersendiri dalam menggunakan username. Maksudnya adalah, ketika kalian menginput atau mengedit sebuah data pada aplikasi SAP akan diperlukan sebuah user yang berwenang dalam bagian itu. Nah , itulah sebabnya tidak bisa sembarangan menggunakan atau memasukan username pada aplikasi SAP ini.

sap-logon-user

Kalian sudah berhasil masuk pada aplikasi SAP. Maka akan di tampilkan sekelompok menu yang terdapat di dalam aplikasi tersebut. Lihat lah gambat berikut ini. Ini adalah salah satu contoh menu yang ada di dalam kantor di mana saya bekerja. Kemungkinan menu yang digunakan akan sama, namun letak dan nama menu tersebut juga akan berbeda. Karena bedanya lokasi dan penamaan yang digunakan untuk suatu perusahaan yang menggunakan aplikasi SAP tersebut.

sap-menu

Sebenarnya saya juga masih pemula dalam menggunakan SAP. Oleh sebab itu saya hanya menampilkan dan menuliskan seperti ini saja. Tidak bisa membuat sebuah informasi yang lebih dari sekedar tulisan ini yang saya buat ini. Namun, saya juga berterima kasih kepada pembaca yang telah menyempatkan waktunya untuk tetap membaca isi dari informasi artikel ini.

Iklan