aplikasiPada kehidupan sehari-hari tentunya tidak lepas dari sebuah teknologi komputer. Dari yang membantu pekerjaan, untuk beramin game, menjelejah internet, chating, dan masih banyak lagi. Hal seperti itu telah saya rasakan semenjak mempunyai komputer sendiri yang saya instal dengan sistem Linux.

Kenapa harus Linux? Itu pertanyaan yang sangat bagus. Kenapa harus linux, karena sistem Linux itu berlisensi global. Jadi siapa saja dapat memilikinya secara gratis. Walaupun ada yang dijual itu pun sangat murah hanya mengganti harga kepingan CD dan jasa penjualan saja. Sampai saat ini saya masih menggunakan sistem linux. Bahkan semakin tidak bisa meninggalkannya. Dukungan aplikasi-aplikasinya yang keren dan gratis pula. Itu sangat memudahkan saya untuk menggunakan aplikasi komputer sebagai dukungan pekerjaan.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan sehari-hari antara lain sebagai berikut:

Terminal konsol

Aplikasi terminal pastinya akan sering digunakan pada sistem Linux. Banyak sekali fungsinya yang bisa kita peroleh dari aplikasi teks ini. Misalnya membuka aplikasi, menginstal, update aplikasi dan sistem linux, koneksi jaringan LAN, pemrograman mysql dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Kita bisa mempelajari dulu perintah dasar Linux sebagai landasan terminal konsol. (Baca: Perintah Dasar Linux)

Aplikasi File Manager Caja

Bebera aplikasi file manager ada yang berbeda-beda namanya. Tergantung dari distribusi Linux itu sendiri seperti Linux mint yang memakai Caja, Ubuntu memakai nautilus, dan sebagainya.

caja

Aplikasi perkantoran

Aplikasi perkantoran ini ada dua berversi yakni, menggunakan Libreoffice atau Openoffice. Kedua aplikasi ini didukung penuh dengan aplikasi perkantoran seperti pengolah kata (Writer), databases (Base), presentasi (Impress), pengolah angka (Calc) dan pengolah gambar (Draw).

Aplikasi Multimedia

Multimedia memang sangat diperlukan dalam dunia hiburan. Pada komputer tentunya harus ada aplikasi multimedia yang sudah disediakan oleh sistem operasi yang diinstal pada komputer. Pada sistem Linux aplikasi multimedia antara lain yaitu:

  • Audio, aplikasi audio yang bisa digunakan yaitu Rhytmbox, Banshee, Audacious dan masih banyak lagi.
  • Video, pendukung aplikasi multimedia khusunya video yakni: VLC, mplayer, amarok, videos, dan masih banyak lagi.

Gambar

Aplikasi gambar ini tentunya untuk melihat dan membuka file gambar. Bisa menggunakan aplikasi gthumb, images viewer. Aplikasi gambar ini kita tidak prelu repot untuk menginstal secara manual tetapi sudah secara otomatis terinstal pada saat menginstal sistem linux. Mungkin ada sedikit perbedaan nama aplikasi pembuka gambar pada setiap distribusi linux. Tetapi intinya adalah sama.

gthumb

Browser

Aplikasi ini pastinya memang sangat digemari oleh kalangan masyarakt yang menggunakan komputer. Tentunya untul mejelajah internet walaupun sekedar mencari refenrensi ataupun jejaring sosial. Kalian bisa menggunakan firefox, chrome, opera dan yang lainnya.

Pengedit gambar atau desain grafis

Nah, untuk aplikasi ini adalah favorit saya. Karena sangat mendukung pekerjaan saya yaitu sebagai desain grafis. Aplikasi yang digunakan seperti Gimp yang gunanya untuk mengedit, memanipulasi, mengurangi sebuah objek gambar. Lebih jelas lagi baca Modul Belajar Gimp.

Selain aplikasi Gimp tentunya ada juga aplikasi desain lainnya yaitu Inkscape. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini sebagai pendukung menggambar sebuah konsep desain. Aplikasi ini juga merupakan salah satu alternatif aplikasi Illustrator pada sistem Windows.

Mungkin itu saja aplikasi yang sering digunakan pada sistem Linux. Tetntunya masih banyak lagi, namun saya ambil secara umum saja. Isi dari artikel ini juga ditujukan untuk para pencari referensi dan ilmu tambahan tentang sistem Linux. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 😀

Iklan