Sebuah kaos bola merupakan hal yang sangat menarik dan memerberikan identitas tim bola tersendiri. Hal ini banyak sekali tim sepakbola yang mendesain kaosnya agar tidak sama dengan tim-tim yang lainnya. Nah, mumpung saya lagi longgar waktunya saya sempatkan pesanan adik saya yang beberapa waktu ini merengek meminta dibuatkan desain kaos bola. Haaha mau maunya saja ya.. Inilah sebagai kakak yang baik harus membantu adiknya walaupun sudah saya suruh untuk membuatnya sendiri.

Saya mencoret-coret pada kertas dahulu untuk membuat konsep desain kaos futsal itu. Setelah jadi saya aplikasikan ke software desain. Karena saya tidak pandai menggambar di kertas asal-asal saja konsepnya yang penting jadi desainnya.

Nah ini dia, kesempatan saya untuk menggunakan software open source yaitu Inkscape. Karena program saya yaitu untuk tidak lagi menggunakan software berbayar yang super mahal itu. Sebenarnya kita memiliki banyak varian software untuk mendesain kaos. Tergantung kita dominan yang mana apa Inkscape atau GIMP yang memiliki keunggulan tersendiri dalam membuat dan menghasilkan desain.

Mulailah sekarang bekerja membuat desain seperti konsep dan menggerakan mouse. Hal ini saya punya kendala, mungkin karena belum terbiasa menggunakan Inkscape jadi seperti ini agak kagok. Selang beberapa lama pun akhirnya jadi juga desain saya, dan inilah hasilnya.

kaos bal 1

Tool yang sering digunakan pada saat mendesain menurut saya adalah Draw Bazier Curve, dan untuk mengedit path bisa menggunakan tool Edit Path by nodes. Bebarapa komponen warna yang kaya akan mempercantik hasil desain kita.

Saya coba buat lagi beberapa variasi untuk agar lebih banyak pilihan. Saya buat ada empat variasi tetapai yang saya tuliskan di sini hanya dua saja. Ini hasil yang kedua..

kaos bal 2

Sekedar informasi bahwa Inkscape adalah software vektor yang lebih enak dipakai. Selain gratis aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi yang berbayar tersebut. Seperti software desain lainnya yaitu GIMP, dia juga sangat enak digunakan dan mudah dipahami tool-toolnya. Itu saja deh infonya, kalau kepanjangan tidak menyangkut judulnya dong. Nantikan aja artikel tentang Inkscape dan GIMP itu.

Itu saja tentang belajar desain kaos bola menggunakan Inkscape. Semoga bisa membuat inspirasi. Amiin..

