Terkadang seorang blogger giat sekali mencari hal-hal yang berbau berita atau semacamnya. Namun, bagaimana dengan orang biasa yang baru belajar menjadi bloger? Apakah harus benar-benar menguasai tata tulisan yang bagus? Atau sebaliknya?

Nah, hal seperti ini sering kali saya dengar dari teman-teman saya yang saya ceritakan untuk selalu belajar menulis berita di sekitarnya. Tetapi ia beralasan bahwa tidak bisa menulis dengan baik. Padahal menulis itu ya tinggal ditulisa saja seperti orangn ngomong.

Saya sendiri baru-baru ini suka menulis. Walaupun tulisan ya tidak bagus, hanya curahan perasaan dan humor (bukan CuranMor Samidi itu loh :V). Saya belajar menulis juga sedikit demi sedikit belajar membaca berita-berita di media online. Seperti apa sih penulisannya.

Ternyata memang menulisnya apa adanya. Jadi, kita melihat apa yang sedang terjadi, nanti kita tuliskan beritanya. Didukung dengan beberapa foto agar lebih menarik lagi. Satu foto saja sudah lebih dari cukup untuk mewakili tulisan yang Anda publikasikan ke pembaca.

Ya, Cekrek foto-foto, kalau perlu wawancara ke salah satu warga yang ada di situ. Kalau malu ya foto-foto saja. Tulis yang dilihat saja, tidak usah neko-neko. Itu menurut saya sendiri.

Ya beginilah saya menulis. Apa yang saya pikirkan dan ingin bicarakan, saya tuangkan ke bentuk tulisan. Jadi tulisan ini sudah mewakili obrolan kita (kita lo aja kali :v ) di blog saya ini. Mengenai cara menulis yang baik sudah ada banyak materi-materi yang bagus sekali. Anda bisa belajar dari situ. Kalu tidak paham ya seperti yang saya katakan di atas. Alakadarnya saja, jepret-jepret, tulis apa yang terjadi, siapa saja yang ada di situ, sedang apa, tujuannya apa, seperti apa kejadiaanya, adakah manfaatnya atau akibat buruknya dan semacamnya.

Suah itu saja, bila ingin membaca yang lain silakan ke tulisan-tulisan di bawah ini:

