Setelah beberapa hari mengunduh file iso Linuxmint 17 Lts Xfce desktop dan hari senin kemarin baru saja selesei mengunduhnya. Sebelumnya saya menggunakan Linuxmint 16. Yang sudah lama terinstal di laptop peninggalan teman saya. Tapi di bayar koh.. wkw..

Langsung saja saya membuat bootable dengan Usb yang ada. Pake Unetbootin lah mmbuatnha. Ya memang adanya unetbootin, jadi pakai aplikasi itu. And juga bisa kenggunakan media aplikasi lainnya untuk membuat bootable live usb. Misalkan aplikasi Yumi, Universal Usb Installer (UUI), ataupun Rufus. Tergntung pada selera Anda masing-masing.

Udah saya buat bootablenya, langsung tancap untuk boot di laptop. Oya, saya juga udah membackup data yang ada di dalam partisi. Jadi sudah aman. Anda pun harus begitu, membackup data yang sudh ada ke ke dalam harddisk eksternal maupun ke layanan cloud yang online tapi gratis.

Urutan proses instalasi tentunya sama seperti penginstalan sistem operasi Linux pada umumnya. Namun, kali ini sedikit berbeda. Saya tidak memfomat partisi /home. Kenapa? Karena agar data configurasi yang ada tidak hilang. Walaupun Anda sudah membackupnya tetapi akan lebih simple lagi tidak memformat pada saat pemilihan partisi. Sebagai gambaran seperti ini.

/dev/sda2 √ / 25 gb
/dev/sda3 [ ] /home 35 gb

Keterangan;
√ ; tanda bahwa partisi tersebut terfomat
[ ] ; tidak terformat

Saya hanya membuat titik point/mount point saja yaitu / (root) dengan partisi terformat dan membuat titik point /home tidak diformat.

mint17-lts

Langkah yang lainnya adalah sama. Alhamdulillah saat ini sudah terinstall Linuxmint 17Lts.

Iklan