Untuk para programer web tentunya sudah tidak asing lagi denger nama CSS. Ya benar, CSS adalah sekumpulan kode perintah untuk mengedit dan mengolah tampilan sebuah halaman website. Dengan adanya CSS kalian akan lebih mudah merubah tampilan sebuah halaman web dalam satu file CSS saja. Bagaimana dengan BlueFish? Seperti tulisan saya yang lalu (Baca: Sekilas tentang BlueFish). Aplikasi ini sangat mumpuni untuk menulis baris kode CSS atau bahasa pemorgraman lain. Untuk saat ini saya akan membagi pengalaman membuat file CSS dengan menggunakan aplikasi BlueFish.

Langsung saja buka aplikasi BlueFish, jika belum terinstal bisa instal dulu di komputer.

Langsung kita save file dokumen BlueFish. Kenapa harus langsung di simpan? Jika belum disimpan maka fitur respon kode pada aplikasi tersebut tidak akan ditampilkan. Karena itu harus langsung di simpan.

*Ingat, gunakan ekstensi sesui dengan file yang akan dibuat, contohnya CSS *.css, HTML: *.html atau *.htm kalau PHP maka *.php dan seterusnya.

Lihat gambar berikut ini,

body{
font-family: arial, sanserif;
font-size: 13;
}#menu{
background: #2b2b2b;
height: 45px;
width: 100%;
}

Mudah bukan, setelah itu terseah kalian kode-kode apa yang akan di masukan. Jangan lupa untuk di simpan hasil kerja kalian.

Iklan