Apa si sebenarnya bluefish? Bukan ikan biru loh, tetapi bluefish merupakan salah satu aplikasi yang mendukung editor teks yang mendukung bahasa pemrograman. Ya memang benar, aplikasi ini sama halnya seperti aplikasi editor teks pada umumnya. Contoh aplikasi yang lain seperti vim, gedit, notepad++, dan masih banyak lagi.

bluefish

Keterangan gambar.

  1. Sisi sebelah kiri merupakan tempat di mana file teks yang akan di simpan dan diedit pada aplikasi bluefish. Secara keseluruhan kalian bisa melihat semua folder yang ada di komputer kalian. Dengan adanya fitur ini maka akan memudahkan kita untuk mencari maupun membuka file.
  2. Sisi atas adalah kumpulan icon menu. Beberapa icon menu dapat digunakan jika memang kalian masih awam terhadapar bahasa pemrograman. Sekaligus memudahkan programer untuk menuliskan baris kode.
  3. Sisi tengah berwarna putih adalah tempat di mana kita manuliskan kode. Istilah lain adalah bidang kerja pemrogram.

Cara Menginstal Aplikasi Bluefish

Menginstal aplikasi Bluefish umumnya sangat mudah bisa menggunakan cara online maupun secara offline. Untuk cara instal online ada dua cara menginstal aplikasi ini, yakni:

1. Menggunakan synaptic packages manager.

  • Buka synaptic package manager, nantinya akan ditampilkan jendela synaptic.
  • Ketikan saja ada kolom cari, “bluefish” tanpa tanda petik
  • Jika sudah ditemukan, centang instal. Nanti akan akan perintah penginstalan tambahan sebagai pendukung aplikasi Bluefish. Oke saja.
  • Lanjutnya, tinggal klik icon apply dan tunggu proses instalasi.

2. Menggunakan terminal console.

Jika menggunakan terminal memang menurut saya lebih mudah. Kenapa? Terminal adalah aplikasi berbasis teks, maka dari itu proses perintah yang dituliskan pada terminal akan lebih cepat dilaksanakan tanpa ada embel-embel aplikasi gui lainnya. Cara instal bluefish dengan terminal sebagai berikut:

Buka terminal console,

Ketikan mantra penginstalan berikut:

$sudo apt-get update ——-> jika memang perlu untuk update paket software linux

$sudo apt-get install bluefish

Tunggu proses instalasi sampai selesai. Sedangkan untuk penginstalan aplikasi bluefish secara offline bisa menggunakan cara berikut ini:

Download lebih dulu aplikasi bluefish.deb dan dependensinya. Biasanya sudah satu paket pada saat mendownload.

Jika menggunakan versi GUI (dekstop instalasi) tinggal double klik pada file aplikasi yang akan di install, sedangkan menggunakan terminal yakni

$cd ~/nama_folder_penyimpanan_file

$ls —–> untuk melihat apakah benar ada di dalam folder tersebut.

sudo dpkg -i namafile.deb

Bahasa pemrograman yang mendukung pada aplikasi bluefish sangatlah banyak. Seperti bahasa java, php, css, html, python dan masih banyak lagi. Kalian bisa melihat bahasa pemrograman yang dapat digunakan pada aplikasi ini pada icon menu edit preference.

edit-preference-bluefish

Pada jendela edit preference, bisa memilih dan mengatur beberapa pengaturan default yang diinginkan. Jika ingin melihat beberapa daftar bahasa pemrograman, tinggal pilih tab menu language. Di situ akan ada segudang bahasa pemrograman yang dapat di tulis pada aplikasi Bluefish.

language-programe-support

Fitur aplikasi bluefish berupa kumpulan icon menu yang memudahkan penulisan baris kode. Icon menu tersebut menampilkan beberapa jenis perintah yang bisa ditulis dalam bentuk jendela (GUI). Selain itu responsif terhadap bahasa pemrograman pada aplikasi ini sangat membantu seorang programer agar lebih cepat menuliskan baris kode. Hanya mengetik sepenggal kode bahasa pemrograman maka dengan repon cepat aplikasi bluefish telah memberikan saran berbagai kode perintah. Lihat gambar responya.

respon-bluefish

Itulah beberapa pandangan tentang Aplikasi Bluefish menurut saya. Penulisan artikel ini tidak bisa dipungkiri pasti masih ada kekurangan dan kesalahan dalam bahasa maupun pengertiannya. Untuk itu penulis meminta maaf jika hal itu terjadi.

Iklan