Mengatasi Error Memutar Music di Rhytmbox


Kadang-kadang penulis sedikit heran dengan sistem yang diinstal. Seharusnya kan sudah secara otomatis bisa memutar musik pada Ubuntu misalnya. Namun, pernyataan itu tidak sebanding dengan kenyataan setelah menginstal sistem linux. Saat penulis menggunakan Ubuntu untuk pertama kalinya dan mencoba memutar musik. Bukannya bisa memutar musik di aplikasi Rhytmbox sebagai bawaan Ubuntu, tapi mengalami eror plugin kata aplikasi Rhymbox itu.

Beberapa hal sudah penulis lakukan seperti meng-update dan dist-upgrade sistem Linux yang notabene biar berpengaruh dan bisa sembuh dari eror plugin pada Rhytmbox tadi. Yah, yah, sekian proses instalasi upgrade paket aplikasi bawaan Ubuntu sudah selesai. Penulis mencoba kembali memutar music lewat Rhytmbox. Ow ow, eror tersebut masih saja muncul.

Bingung dan sedikit jengkel. Penulis mundur? Rasanya tidak. Cara googling pun sangat ampuh untuk mencari solusi disetiap ada perkara seperti ini. Sudah mencari-cari entah kemana saja dan masih saja belum menemukan solusinya. Menyerah? Tidak mungkin, kalau penulis menyerah otomatis tidak bisa menggunakan aplikasi Rhytmbox dong. Instal aplikasi musik lain? Rasanya tidak, mendingan bawaan aplikasi saja sudah lebih dari cukup dan lebih efektif dalam penggunaan memori.

Selang beberapa waktu akhirnya menemukan sources code yang kasusnya hampir sama dengan yang penulis alami. Dengan sigap langsung saja memproses perintah kode tersebut:

sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Prosesnya mungkin akan memakan waktu yang lama. Bisa kalian pergunakan waktu tersebut untuk beraktifitas yang lain. Selang waktu yang cukup lama, restart komputernya. Tidak lama kemudian dicoba lagi memutar musik pada Rhytmbox, hasilnya gubrag,….  sukses berat 😀 . Tidak sia-sia hasil kerja keras yang penulis lakukan.

rhytmbox

Itulah singkat cerita mengatasi masalah error plugins memutar musik di aplikasi Rhytmbox. Kemungkinan ada kesalahan pada penulisan dan tata bahasa, penulis memohon maaf. Terima kasih 😀

Referensi

http://askubuntu.com/questions/332141/unable-to-play-mp3-or-mp4-files-in-rhythmbox-or-movie-player

Iklan

One thought on “Mengatasi Error Memutar Music di Rhytmbox

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s