Tadi malam saya diminta bantuan untuk menggabungkan beberapa lagu. Sebenarnya mudah sekali, tinggal memakai aplikasi Audacity saja sudah beres. Lagu tersebut akan dikemas sebagai musik aerobik untuk perlombaan di sekolah. Mumpung sedang ada proyek musik jadinya saya bantu mereka dan gabungin beberapa musik remix. Tapi ada kendala, yaitu masih kurang pas menurut saya.

Terlintas pikiran kenapa saya tidak aransemen sendiri. Akhirnya saya googling aplikasi apa yang cocok untuk aransemen musik dance atau house mix. Akhirnya saya temukan aplikasi yang pas menurut saya, yaitu LMMS. Aplikasi LMMS (Linux Multi Media Studio) adalah salah satu aplikasi aransemen musik midi. Aplikasi ini juga termasuk alternatif aplikasi FL Studio. Namun, saat ini LMMS juga sudah tersedia bagi para pengguna jendela.

Cara menginstalnya cukup mudah, tinggal buka terminal dan ketikan mantra berikut.

sudo apt-get install lmms

[masukan password root kalian]

Tunggu sampai proses instalasi selesai, jangan lupa untuk koneksi internetnya. Jika tidak terhubung ke internet maka tidak bisa instal dong. Ini dia tampilan aplikasi LMMS seperti berikut ini.

lmms

Fitur audio yang sudah disediakan pada aplikasi LMMS ada pada menu my sample. Di folder tersebut sudah dikemas berbagai audio yang dapat digunakan untuk mengaransemen musik. Mumpung baru mencoba aransemen musik dengan LMMS nantikan artikel selanjutnya tentang LMMS. Terima kasih. 😀

Iklan