Beberapa Aplikasi Multimedia di Linux


multimediaAplikasi multimedia pada sebuah komputer memang harus terinstal. Sebab multimedia memang sangat berperan di semua kegiatan mengenai komputer dan aplikasinya. Tidak bisa kita sangkal bahwa multimedia memang dominan untuk sistem di komputer. Seperti pemutar musik, pemutar video dan gambar.

Banyak sekali varian multimedia yang bisa kita instal di sistem linux. Anda bisa memilih sesuka hati dan keperluan masing-masing. Misalkan untuk pemutar musik, ada beberapa aplikasi yang mendukung dan sangat populer. Seperti Rhytmbox, Banshee, Audacious, dll. Sedangkan aplikasi video sendiri bisa kita pilih yaitu VLC, Videos dan masih banyak lagi aplikasinya. Untuk menampilkan gambar biasanya sudah disediakan dan terinstal pada saat penginstalan sistem linux. Aplikasi tersebut yakni gthumb, image viewer dll.

Rhytmbox

Aplikasi musik ini berpenampilan gnome. Aplikai ini didukung dengan layanan pemutar musik online seperti Amazon mp3 store, Miro Guide, dan sebagainya. Selain itu juga bisa memutar radio streaming secara online yang di dukung dengan layanan last[.]fm.

Pengguna aplikasi ini dimudahkan dengan pengelompokan atau management musik. Semua jenis dan varian musik akan secara otomatis di kelompokan pada aplikasi ini. Tidak hanya itu Rhytmbox juga memiliki play list seperti pada aplikasi pemutar musik lainnya. Play list ini memudahkan kita untuk memutar file musik yang sudah dikelompokan secara manual.

Pada saat memutar musik, tidak usah khawatir secara tidak sengaja aplikasinya ditutup. Rhytmbox di desain dengan memutar musik dii bawah proses dekstop. Maksudnya, kita tidak perlu menampilkan jendela aplikasi. Melainkan sudah ada di panel taksbar yang secara otomatis dimunculkan.

Banshee

Di jauh berbeda dengan Rhytmbox, semua layanan dan isinya hampir sama. Jalannya sistem juga sama ada dibelakang dekstop. Aplikasi ini juga bisa memutar video, namun masih terkenal dengan aplikasi pemutar musiknya. Biasanya aplikasi ini bawaan dari sistem linux yang diinstal pada komputer. Sama seperti Rhymbox juga demikian hanya saja aplikasi Rhytmbox sering pada OS Ubuntu sedangkan Banshee lebih sering terdapat di Linux mint.

Audacious

Berbeda dengan Rhytmbox dan Banshee, aplikasi ini didesain sangat sederhana. Jika anda mengenal aplikasi winamp, aplikasi ini mirip dengan pemutar musik winamp. Hanya fitur-fitur yang disediakan tidak sekomplit dengan aplikasi Rhytmbox dan Banshee. Karena itu sangat ringan untuk digunakan dan bisa menjadi alternatif aplikasi winamp pada Linux.

VLC, Videos

Aplikasi ini memang sering kali ada dan membuat para pengguna mudah untuk memutar video. Diantara kedua aplikasi ini mana yang lebih baik? Keduanya mempunyai keunggulan tersendiri dan juga tidak jauh dari kekurangannya. Secara tampilan kedunaya memang didesain sederhana namun memiliki kualitar tersendiri. Untuk aplikasi VLC button volume bisa diatur melebihi 100% tetapi pada Videos tidak demikian, volumenya tetap default dari sistem yang ada.

Videos marupakan aplikasi bawaan dari sistem linux yang diinstal pada komputer. Jika menginginka aplikasi VLC maka harus menginstalnya secara manual. Kita bisa menginstal pada software center maupun melalui terminal konsole.

$sudo apt-get install vlc

Jangan lupa untuk terkoneksi dengan internet. Bila tidak ada koneksi internet bisa di meminjam teman atau tetangga lebih dulu. šŸ˜€

Gthumb, Image Viewer

Aplikasi ini tidak perlu dijelaskan lagi. Pastinya hanya berfungsi untuk membuka file images. Perbedaanya hanya Gthumb dapat membaca seluruh images yang ada di direktori komputer. Karena itu sangat mudah untuk membuat album gambar. Selain itu Gthumb juga sudah mengelompokan berdasarkan tanggal kapan file tersebut ada.

Cukup saja tentang aplikasi multimedia di Linux. Mungkin masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa digunakan. Namun, semua tergantung pada pemakainya mau milih yang mana dan sesuai selera masing-masing.

Iklan

One thought on “Beberapa Aplikasi Multimedia di Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s