Apa itu HTML?

Di dalam sebuah website tidak terlepas dari yang namanya HTML ( Hypertext Markup Language ). HTML adalah bahasa standar htmlyang dugunakan untuk membangun sebuah halaman website. Meskipun sekarang ini sudah banyak software-software yang mendukung dalam membangun sebuah halaman website, dan bahkan sudah ada website bulider online yang disediakan secara gratis. Kita tidak perlu susah-susah untuk memperhatikan struktur HTML-ya, tetapi tidak ada salahnya kalau HTML itu dipelejari sebagai bekal dan dasar pemebentukan sebuah halaman website.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari HTML selain kita mampu membangun halaman website sendiri, juga dapat dikembangkan untuk pemrograman website. Pemrograman website akan selalu terkait dengan HTML itu sendiri. Pemrograman web biasanya untuk membangun website dinamis. Setiap homepage yang dikunjungi pasti bisa dijumpai HTML-nya yang selanjutnya disebut dengan source. Di dalam sebuah HTML ada struktur tersendiri yang bisa menghasilkan sebuah halaman website.

STRUKTUR HTML

Bahasa HTML dapat dituliskan/dibuat melalui berbagai macam word editor seperti notepade, wordpad, gedit, dan masih banyak lagi. Setelah kita menuliskan tag (HTML) maka kita harus menyimpannya dengan extensi atau format *.html atau *.htmls. Tetapi kita harus konsisten dalam penyimpanan jika akan dikaitkan antar halaman web.  HTML sendiri juga dapat dituliskan dengan huruf besar maupun kecil. Sebagai contoh struktur HTML ,

<html>

<head>

<meta>

<title>….</title>

</head>

<body>

….

</body>

</html>

Keterangan:

  • Tag <html> secara default dari <html> dan ditutup dengan </html begitu pula tag html yang lainnya.
  • Tag <head>…</head> adalah tag kepala halaman website
  • Tag <meta> merupakan informasi atau header suatu dokumen
  • <title>….</title> adalah judul dari halaman website
  • <body>…..</body> adalah berisikan content dari suatu halaman website.

Setelah melakukan penyimpanan dengan extensi *.html contoh (indeks.html) maka bukalah dengan menggunakan browser maka akan ditampilkan halaman web yang telah dibuat tadi.

Heading

Fungsi dari pada heading adalah membuat/memilih ukuran teks, umunya untuk Judul karena ukurannya besar. Contoh saja:

<html>

<head>

<title>Web Pertamaku</title>

</head>

<body>

<h1>Ini adalah website pertamaku </h1>

<h2>Ini adalah website pertamaku </h2>

<h3>Ini adalah website pertamaku </h3>

<h4>Ini adalah website pertamaku </h4>

<h5>Ini adalah website pertamaku </h5>

<h6>Ini adalah website pertamaku </h6>

</body>

</html>

simpanlah dan buka pada browser maka akan ditampilkan hasilnya. Semakin besar angkanya yaitu 1 s/d 6 misalnya maka ukuran hurufnya akan semakin kecil.

heading

Untuk lebih jelasnya silakan download e-booknya GRATIS di sini

Iklan