4 Hal Sebelum Membuat Website


Jika anda adalah seorang pemula yang akan terjun di dunia web maka anda berada pada artikel yang tepat. Mengapa? Karena sebelum kita membuat website ada beberapa hal yang harus webdiperhatikan dan menurut saya adalah penting demi kelancaran dan menunjang kebaikan kita.

Bermula pada bulan awal Juli 2014 ini saya mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan website/blog. Ada banyak sekali jenis-jenis website yang tergantung kebutuhan yang diperlukan oleh pemilik web apakah untuk bisnis online, personal web yang berisi artikel – artikel pemilik web, commpany profile, dan ada banyak sekali yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ketika itu saya diberitahu teman yang menyarankan menggunakan tempat web gratis yang bisa digunakan seperti blogger dan wordpress. Pada saat itu saya mengawali dengan blogger, karena menurut teman saya blogger berembed dengan Google dan lebih aman.Beberapa minggu menggunakan blogger, saya menemukan tempat website yang bagus dari segi fitur dan mudah di pahami untuk pemula. WordPress adalah pilihan kedua untuk website yang saya buat ini. Setelah mencari dan menimbang kelebihan dan kekurangan pada kedua penyedia layanan web gratis ini akhirnya saya putuskan untuk tetap pada wordpress ini.

Beberapa hal sebelum saya membuat web /blog kita harus memiliki 4 tahap yang harus kita pegang, yaitu:

Tentukan tema website/blog

Tahap pertama ini kadang terlupakan bagi pemula. Mungkin karena ingin cepat memiliki web/blog yang keren tetapi ujung-ujungnya akan berhenti di tengah jalan.

Tema website/blog harus benar – benar diperhatikan, misalkan website yang kita buat bertema olahraga, maka isinya pun berkaitan tentang olahraga secara umum atau pun spesifik. Dari jenis olahraga, alat peraga, info terkini, dan lain-lain.

Tetapi jika kita temanya adalah personal tidak spesifik, maka artikel atau isi website boleh apa saja [menurut saya]. Karena personal web tergantung pada pemilik web/blog itu sendiri apa yang akan ditampilkan di dalam webnya.

Memilih nama domain web

Yang kedua ini cukup mudah sebenarnya, tetapi terkadang nama website menjadi titik kunci alamat website kita. Nantinya akan mudah dicari pada mesin pencari. Apabila kita menggunakan website gratis tentunya akan ber emblem penyedia layanan itu seperti wordpress maka akan beremblem namaweb.wordpress.com . WordPress di sini sebagai server penyimpan data web kita. Sedangkan yang dimiliki google adalah namaweb.blogspot.com .

Namun kita sering menemukan alamat website yang mudah misalkan hanya namaweb.com atau namaweb.net dan lain-lain. Nama domain itu adalah nama yang berbayar dan memiliki data server tersendiri yang disewa oleh pemilik website itu

Desain Web

Desain web adalah bagaimana tampilan website kita nantinya pada layar monitor. Penyedia website gratis sudah memiliki template desain web yang keren dan profesional. Kita juga dapat mengedit template web yang sudah ada. Namun, jika kita ingin membuat desain sendiri maka kita bisa menggunakan software pembuat web.

Desain web ada yang bilang harus sekeren mungkin, tetapi sekeren mungkin itu bisa berdampak tidak bagus. Kenapa kok malah tidak baik? Misalkan kita sudah total keren websitenya tetapi saat di buka pada software browser lama aliat lola ya sama aja bohong. Nanti si pengunjung akan kecewa dan keburu mengeluarkan website kita.

Sebaiknya saran saya dalam mendesain web, gunakanlah desain yang sederhana, minimalis, yang penting isinya berkualitas. Maka pengunjung akan puas dengan website kita.

Menulis Artikel

Tahapan menulis artikel ini ada beberapa aturan. Kita tidak boleh menampilkan artikel yang hanya copy paste dari website lain. Walupun boleh kita harus mencantumkan sumbernya artikel dari mana. Bagi saya mencantumkan sumber artikel dialah yang profesional, karena menghargai karya orang lain.

Penulisan artikel sebaiknya minimal 300 kata, maksimal terserah si penulis. Satu lagi yaitu jangan mengulang kata dalam membuat artikel.

Mungkin itu saja beberapa tips sebelum membuat website/blog dari saya. Terima kasih sudah berkunjung ke website saya.

Iklan

One thought on “4 Hal Sebelum Membuat Website

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s